LuFenSio. Diberdayakan oleh Blogger.

RSS
Container Icon

Home room programe


Pengertian Home Room
Merupakan suatu kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan dalam ruang atau kelas dalam bentuk pertemuan antara konselor atau guru dengan kelompok untuk membicarakan beberapa hal yang dianggap perlu terutama hal-hal atau masalah-masalah yang berhubungan dengan pelajaran, kegiatan sosial, masalah tata tertib dan moral, cara berpakaian atau masalah-masalah lain di luar sekolah. Dalam acara home room ini hendaknya diciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga terjadi dialog yang bebas.

Membuat suasana kelas seperti rumah dengan tujuan mengenal siswa lebih baik sehingga dapat membantu secara efisien. Dilaksanakan di kelas di luar jam pelajaran untuk membicarakan beberapa hal yang dianggap perlu.

Langkah-langkah Pelaksanaan :
1.      Konselor / pembimbing menyiapkan ruangan.
2.      Menghubungi siswa dari berbagai kelas dengan jumlah tertentu untuk berkumpul.
3.      Konselor / pembimbing menjelaskan tujuan kelompok home room dilaksanakan
4.      Dialog terbuka antara konselor dengan anggota kelompok.
5.      Menyimpulkan hasil kegiatan home room.








RENCANA PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN Bersinar Terang SURABAYA
A. Identitas
1. Madrasah                           : MTsN Bersinar Terang Surabaya
2. Kelas/semester                   : IX / I (satu)
3. Jenis layanan                      : Informasi
4. Bidang bimbingan             : Bimbingan Pribadi
5. Judul materi                       : Bahaya dari  penyalahgunaan Narkoba.
6. Waktu pelaksanaan           : 2 jam pelajaran (2x pertemuan)
7. Tujuan kegiatan                   : Memberi informasi tentang dampak dan bahaya dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang khususnya narkoba,  serta konselor  dapat mengenal para peserta didik atau konselinya secara lebih baik.
B. Materi
1.      Jenis-jenis dari obat-obatan terlarang khususnya narkoba.
2.      Dampak dari penyalahgunaan obat-abatan terlarang.
Langkah-langkah pelaksanaan Home Room:
TAHAP
URAIAN KEGIATAN
WAKTU
Pembentukan
Konselor  menyiapkan ruangan atau kelas yang diperlukan dengan segala sarana dan prasarana, kemudian menghubungi siswa dari berbagai kelas dengan jumlah 8-10 orang untuk berkumpul. Pemilihan siswa terbatas tersebut berdasarkan sukarelawan yang mewakili  tiap kelas siapa yang tertarik untuk ikut sehingga siswa yang menjadi wakil kelasnya selanjutnya dapat berbagi informasi yang telah diperoleh dari hasil kegiatan home room. Apabila dalam 1 kelas terdapat banyak siswa yang tertarik untuk ikut sedangkan jumlah anggota kelompok home room terbatas, maka siswa yang belum mendapat kesempatan ikut dapat mengikuti kegiatan home room selanjutnya  dengan kata lain bergantian untuk mewakili kelasnya.

5 Menit
Peralihan
Konselor menjelaskan tujuan kelompok home room dilaksanakan  dan  menjelaskan aturan home room.

15 Menit
Kegiatan
Dialog terbuka antara konselor dan anggota kelompok terkait topik bahaya atau dampak dari penyalahgunaan obat-obatan.

30 Menit
Pengakhiran
Menyimpulkan hasil kegiatan Home Room.

15 Menit

 D. Metode                        :  Tanya Jawab
E. Media / alat                  : Papan tulis, kertas folio dan bulpen
F. Evaluasi
1. Evaluasi hasil
a)      Penilaian segera jangka pedek
b)      Jangka menengah diukur dengan menggunakan lembar observasi partisipasi Siswa saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses
Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan selama proses  kegiatan berlangsung. Aspek yang diamati antara lain partisipasi siswa dalam kegiatan layanan tersebut.

G. Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik apabila
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian nilai-nilai dimasyarakat.
2.      Dapat menjelaskan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam masyarakat
3.      Siswa dapat meyebutkan dan menunjukan perilaku yang positif
Sumber Materi : 1. Modul Bimbingan Konseling
                           2. Buku psikologi Perkembangan Remaja
Anggaran          : Rp. 15.000,00
Catatan
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Mengetahui,                                                                                         Surabaya, April 2012
Kepala MTsN Bersinar Terang                                                                        Guru pembimbing


Drs.Ahmad Zacky.M.pd                                                  Almira Thoifah, S.Pd.Kons
NIP. 196803101997031002                                              NIP. 1978051820050

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar