Container Icon

Bidang-bidang Bimbingan dan Konseling


Bidang-bidang layanan bimbingan dan konseling merupakan lingkup program bimbingan dan konseling yang diberikan pada suatu sekolah. Program umum mencakup seluruh bidang layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan, sedangkan program khusus mencakup bidang-bidang tertentu yang merupakan penjabaran lebih khusus dari program umum.
Bidang-bidang bimbingan dan konseling meliputi:

*       Bimbingan  Pribadi
Bimbingan pribadi adalah bidang layanan pengembangan kemampuan mengatasi masalah-masalah pribadi dan kepribadian, berkenaan dengan aspek-aspek intelektual, afektif, dan motorik.
                                                                                                                                       
*       Bimbingan sosial
Bimbingan sosial adalah bidang layanan pengembangan kemamapuan dan mengatasi masalh-masalah sosial, dalam kehidupan keluarga, di sekolah, maupun di masyarakat, juga masalah yang berkaitan dalam upaya kerjasama dan berinteraksi dengan teman sebaya maupun orang dewasa dan anak yang lebih kecil.

*       Bimbingan Pendidikan
Bimbingan pendidikan adalah bidang layanan yang mengoptimalkan perkembangan dan mengatasi masalah dalam proses pendidikan yang sedang dijalani maupun yang akan dijalani nantinya.

*       Bimbingan Pembelajaran
Bimbingan pembelajaran adalah bidang layanan untuk mengoptimalkan perkembangan dan mengatasi masalah dalam proses pembelajaran.

*       Bimbingan Karier
Bimbingan karier adalah bidang layanan yang merencanakan dan mempersiapkan pengembangan karier anak. Bimbingan karir pada hakekatnya merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir.
Donald D. Super (1975) mengartikan bimbingan karir sebagai suatu proses membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranannya dalam dunia kerja. Menurut batasan ini, ada dua hal penting, pertama proses membantu individu untuk memahami dan menerima diri sendiri, dan kedua memahami dan menyesuaikan diri dalam dunia kerja. Oleh sebab itu yang penting dalam bimbingan karir adalah pemahaman dan peCareer guidance … encompasses all of the service that aim at helping pupils make occupational and educational plans and decisions nyesuaian diri baik terhadap dirinya maupun terhadap dunia kerja.
 Tolbert, (1975:27) memaparkan bahwa ““. Pengertian Tolbert ini mengandung makna bahwa bimbingan karir merupakan salah satu bentuk layanan dalam membantu siswa merencanakan karirnya.
Berdasarkan uraian terdahulu maka dapat dikatakan bahwa bimibingan karir merupakan suatu proses bantuan yang diberikan pada individu melalui berbagai cara dan bentuk layanan agar ia mampu merencanakan karirnya dengan mantap sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, pengetahuan dan kepribadian serta faktor-faktor yang mendukung kemajuan dirinya. Faktor-faktor yang mendukung perkembangan diri tersebut misalnya informasi karir yang diperoleh siswa dan status sosial ekonomi orang tua.

Tujuan BImbingan Karier
Peters dan Shetzer (1974:267) mengemukakan bahwa tujuan bimbingan karir adalah membantu siswa dengan cara yang sistematis dan terlibat dalam perkembangan karir. Guru pembimbing hendaknya dapat membantu siswa merencanakan karirnya sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat yang dimilikinya.
Moh. Surya (1988:14) menyatakan bahwa tujuan bimbingan karir adalah membantu individu memperoleh kompetensi yang diperlukan agar dapat menentukan perjalanan hidupnya dan mengembangkan karir kearah yang dipilihnya secara optimal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar