LuFenSio. Diberdayakan oleh Blogger.

RSS
Container Icon

Bimbingan Kelompok

Pengertian Bimbingan Kelompok
Menurut Gazda (Prayitno, 1999:309) ‘bimbingan kelompok disekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyusun rencana dan keputusan yang tepat’. Gazda juga menyebutkan bahwa bimbingan kelompok diselenggarakan untuk memberikan informasi yang bersifat personal, vokasional, dan sosial. Daripengertian tersebut dapat dipahami bahwa layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang diberikan kepada beberapa individu denganprosedur kelompok untuk memberikan informasi untuk keperluan anggotakelompok.

Menurut Mugiarso dkk (2004:66) :Dalam layanan bimbingan kelompok, siswa diajak bersama-samamengemukakan pendapat tentang topik-topik yang dibicarakan danmengembangkan bersama permasalahan yang dibicarakan padakelompok. Sehingga terjadi komunikasi antara individu dikelompoknya kemudian siswa dapat mengembangkan sikap dantindakan yang diinginkan dapat terungkap di kelompok.
Menurut Prayitno (1995:65) :Bimbingan dan konseling kelompok bermaksud memanfaatkandinamika kelompok sebagai media dalam upaya membimbingindividu-individu yang memerlukan. Media dinamika kelompok iniadalah unik dan hanya dapat ditemukan dalam suatu kelompok yangbenar-benar hidup”. Dalam kegiatan bimbingan kelompok, dinamika kelompok sengaja diciptakan dan ditumbuhkan dan dimanfatkan untuk mencapai tujuan bimbingan dan konseling.
Sedangkan menurut Winkel (1997:543) “bimbingan kelompok mengupayakan perubahan dalam sikap dan perilaku secara tidak langsung,melalui penyajian informasi yang menekankan pengolahan kognitif olehpara peserta sehingga mereka dapat menerapkan sendiri”. Dengan adanyakegiatan bimbingan kelompok, diharapkan akan terjadi suatu pengolahankognitif tentang informasi yang diberikan kepada anggota kelompok,sehingga akan terjadi suatu perubahan dalam sikap dan tingkah lakunyasecara tidak langsung.“Bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yangdiberikan pada individu dalam situasi kelompok. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa danmengembangkan potensi siswa” (Romlah, 2001:3).
Dari beberapa pengertian bimbingan kelompok di atas, dapat ditarik simpulan bahwa layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yangdiberikan kepada sejumlah individu dengan menggunakan prosedurkelompok yang memanfaatkan dinamika kelompok dalam rangkamembahas topik-topik tertentu atau memberikan informasi yang bergunadan bermanfaat bagi anggota kelompok sehingga akan terjadi suatuperubahan sikap dan perilaku pada anggota kelompok.
 

Jenis-jenis Bimbingan Kelompok
Menurut Amti (1992:106) dalam penyelenggaraannya, dikenal dua jenis bimbingan kelompok yaitu bimbingan kelompok bebas danbimbingan kelompok tugas
a.Bimbingan Kelompok Bebas
Bimbingan kelompok bebas adalah salah satu bentuk penyelenggaraan bimbingan kelompok. Dalam kegiatannya paraanggota kelompok bebas mengemukakan segala pikiran danperasaannya dalam kelompok. Selanjutnya, apa yang disampaikanmereka dalam kelompok itulah yang menjadi pokok bahasankelompok.
b.Bimbingan Kelompok Tugas
Bimbingan kelompok tugas adalah salah satu bentuk penyelenggaraan bimbingan kelompok di mana arah dan isi kegiatankelompok itu tidak ditentukan oleh anggotanya melainkan diarahkankepada penyelesaian suatu tugas. Tugas yang dikerjakan kelompok ituberasal dari pemimpin kelompok. Pemimpin kelompok mengemukakan suatu tugas pada kelompok untuk selanjutnya dibahasdan diselesaikan oleh anggota kelompok

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar