Pengertian
Home Room
Merupakan suatu kegiatan bimbingan kelompok
yang dilakukan dalam ruang atau kelas dalam bentuk pertemuan antara konselor
atau guru dengan kelompok untuk membicarakan beberapa hal yang dianggap perlu
terutama hal-hal atau masalah-masalah yang berhubungan dengan pelajaran,
kegiatan sosial, masalah tata tertib dan moral, cara berpakaian atau
masalah-masalah lain di luar sekolah. Dalam acara home room ini hendaknya
diciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga terjadi dialog yang bebas.
Membuat suasana kelas seperti rumah dengan
tujuan mengenal siswa lebih baik sehingga dapat membantu secara efisien.
Dilaksanakan di kelas di luar jam pelajaran untuk membicarakan beberapa hal
yang dianggap perlu.
Langkah-langkah
Pelaksanaan :
1.
Konselor / pembimbing menyiapkan ruangan.
2.
Menghubungi siswa dari berbagai kelas dengan
jumlah tertentu untuk berkumpul.
3.
Konselor / pembimbing menjelaskan tujuan
kelompok home room dilaksanakan
4.
Dialog terbuka antara konselor dengan anggota kelompok.
5.
Menyimpulkan hasil kegiatan home room.
RENCANA
PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN Bersinar Terang
SURABAYA
A. Identitas
1. Madrasah : MTsN Bersinar Terang
Surabaya
2.
Kelas/semester :
IX / I (satu)
3. Jenis
layanan :
Informasi
4. Bidang
bimbingan :
Bimbingan Pribadi
5. Judul materi : Bahaya dari
penyalahgunaan Narkoba.
6. Waktu
pelaksanaan :
2 jam pelajaran (2x pertemuan)
7. Tujuan kegiatan : Memberi informasi tentang dampak dan bahaya
dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang khususnya narkoba, serta konselor dapat mengenal para peserta didik atau
konselinya secara lebih baik.
B. Materi
1.
Jenis-jenis dari
obat-obatan terlarang khususnya narkoba.
2.
Dampak dari
penyalahgunaan obat-abatan terlarang.
Langkah-langkah pelaksanaan Home Room:
TAHAP
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pembentukan
|
Konselor menyiapkan ruangan atau kelas yang
diperlukan dengan segala sarana dan prasarana,
kemudian menghubungi siswa dari berbagai kelas dengan jumlah 8-10 orang untuk
berkumpul. Pemilihan siswa terbatas tersebut berdasarkan sukarelawan yang
mewakili tiap kelas siapa yang
tertarik untuk ikut sehingga siswa yang menjadi wakil kelasnya selanjutnya
dapat berbagi informasi yang telah diperoleh dari hasil kegiatan home room.
Apabila dalam 1 kelas terdapat banyak siswa yang tertarik untuk ikut
sedangkan jumlah anggota kelompok home room terbatas, maka siswa yang belum
mendapat kesempatan ikut dapat mengikuti kegiatan home room selanjutnya dengan kata lain bergantian untuk mewakili
kelasnya.
|
5 Menit
|
Peralihan
|
Konselor menjelaskan
tujuan kelompok home room dilaksanakan
dan menjelaskan aturan home
room.
|
15 Menit
|
Kegiatan
|
Dialog terbuka
antara konselor dan anggota kelompok terkait topik bahaya atau dampak dari penyalahgunaan
obat-obatan.
|
30 Menit
|
Pengakhiran
|
Menyimpulkan
hasil kegiatan Home Room.
|
15 Menit
|
D.
Metode : Tanya Jawab
E. Media /
alat : Papan tulis, kertas folio dan bulpen
F. Evaluasi
1. Evaluasi hasil
a)
Penilaian
segera jangka pedek
b)
Jangka menengah diukur dengan menggunakan
lembar observasi partisipasi Siswa
saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses
Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan
selama proses kegiatan berlangsung. Aspek yang diamati antara lain
partisipasi siswa dalam kegiatan layanan tersebut.
G. Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman
belajar dengan baik apabila
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian nilai-nilai
dimasyarakat.
2.
Dapat menjelaskan cara bertingkah laku yang
dapat diterima dalam masyarakat
3.
Siswa dapat meyebutkan dan menunjukan perilaku
yang positif
Sumber Materi : 1. Modul Bimbingan
Konseling
2. Buku psikologi Perkembangan Remaja
Anggaran :
Rp. 15.000,00
Catatan
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya,
April 2012
Kepala MTsN Bersinar Terang Guru
pembimbing
Drs.Ahmad Zacky.M.pd Almira Thoifah, S.Pd.Kons
NIP.
196803101997031002 NIP.
1978051820050
0 komentar:
Posting Komentar