Suatu teknik bimbingan kelompok yang bertujuan
untuk memecahkan masalah secara bersama. Misalnya masalah belajar, perencanaan
suatu kegiatan. Hal ini dapat mengembangkan harga diri. Metode diskusi merupakan suatu
cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada
siswa (kelompok-kelompok siswa), untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan
pendapat,membuat kesimpulan atau menyusun alternatif pemecahan atau suatu
masalah.
Dengan metode diskusi
kelompok siswa dapat belajar bagaimana belajar dari orang lain, bagaimana
menanggapi pendapat orang lain, bagaimana memelihara kesatuan kelompok
dan belajar tentang teknik-teknik pengambilan keputusan yang sangat
berguna bagi mereka dalam kehidupan bermasyarakat.
RENCANA
PROGRAM PELAYANAN BK
MTsN Bersinar Terang
SURABAYA
A. Identitas
1. Madrasah : MTsN Bersinar Terang
Surabaya
2. Kelas/semester : IX / I (satu)
3. Jenis
layanan :
Informasi
4. Bidang
bimbingan :
Bimbingan Pribadi
5. Judul materi : Memantapkan nilai dan cara tingkah laku yang
dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
6. Waktu
pelaksanaan : 2 jam
pelajaran (2x pertemuan)
7. Tujuan
kegiatan : Klien/Siswa dapat ;
a.
Menjelaskan pengertian nilai-nilai di
masyarakat
b.
Menjelaskan cara bertingkah laku yang dapat
diterima dalam masyarakat
c.
Menyebutkan perilaku yang positif
d.
Menunjukan perilaku yang positif
B. Materi
a)
Nilai-nilai dan cara bertingkah laku sosial
dalam kehidupan diluar kelompok sebaya
b)
Contoh-contoh nilai dan cara perilaku sosial
di luar kelompok sebaya
C. Uraian
kegiatan
TAHAP
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pembukaan
|
Konselor menyiapkan ruangan atau kelas yang
diperlukan dengan segala sarana dan prasarana,
kemudian menghubungi siswa dari berbagai kelas dengan jumlah 8-10 orang untuk
berkumpul.
Salam, presensi, dan membina hubungan baik.
|
5 Menit
|
Peralihan
|
·
Tanya
jawab materi tentang narkoba
·
Menyampaikan
tujuan dan materi tentang pentingnya
norma dalam masyarakat.
·
Guru menjelaskan etika dan
norma-norma yang ada di masyarakat
|
15 Menit
|
Kegiatan
|
a)
Membentuk kelompok-kelompok diskusi
b)
Siswa mendiskusikan nilai-nilai yang
ada dimasyakat
c)
Siswa membandingkan contoh-ontoh
tingkah laku yang ada dimasyarakat dalam diskusi dikelompoknya
d)
Siswa mendiskusikan dampak-dampak
perilaku yang positif dan negatip dimasyarakat
|
30 Menit
|
Penutup
|
a)
Siswa menyebutkan hasil diskusi
kelompokannya
b)
Guru menjelaskan secara garis besar
pokok bahasan yang didiskusikan.
c)
Penyimpulan hasil diskusi pada hari
itu.
|
15 Menit
|
D.
Metode : Diskusi
E. Media /
alat : Papan tulis, kertas folio dan bulpen
F. Evaluasi
1. Evaluasi hasil
a)
Penilaian
segera jangka pedek
b)
Jangka menengah diukur dengan menggunakan
lembar observasi partisipasi Siswa
saat mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses
Dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan
selama proses kegiatan berlangsung. Aspek yang diamati antara lain
partisipasi siswa dalam kegiatan layanan tersebut.
G. Rubrik evaluasi (target penilaian untuk siswa)
Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman
belajar dengan baik apabila
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian nilai-nilai
dimasyarakat.
2.
Dapat menjelaskan cara bertingkah laku yang
dapat diterima dalam masyarakat
3.
Siswa dapat meyebutkan dan menunjukan perilaku
yang positif
Sumber Materi : 1. Modul Bimbingan
Konseling
2. Buku psikologi Perkembangan Remaja
Anggaran :
Rp. 10.000,00
Catatan
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya,
April 2012
Kepala MTsN Bersinar Terang Guru
pembimbing
Drs.Ahmad Zacky.M.pd Almira Thoifah, S.Pd.Kons
NIP.
196803101997031002 NIP.
1978051820050
0 komentar:
Posting Komentar