LuFenSio. Diberdayakan oleh Blogger.

RSS
Container Icon

Strategi Belajar

Strategi Belajar “Coretan pena”
      A.     Alat yang Dibutuhkan
Dalam penerapan strategi belajar “coretan pena” ini membutuhkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk menunjang strategi belajar khusus agar proses belajar berjalan dengan baik, efisien dan efektif. Alat – alat yang dibutuhkan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Buku biasa atau selembar kertas untuk mencatat hal – hal penting.
2.      Pen dengan berbagai warna
3.      Pensil

4.      Penghapus
5.      Bulpen & tip ex
6.      Buku catatan khusus untuk setiap mata kuliah di buku yang berbeda. Ataupun bisa menggunakan binnder dengan pembatasan yang antar mata kuliah. Atau bisa juga map untuk menyimpan lembar – lembar kertas tersebut.
7.      Pembatas Buku khusus

         B.      Jadwal Belajar
*      Jadwal rutin
Setiap sedang kuliah dan dosen menjelaskan materi mata kuliah maupun saat sedang belajar di kos, apa yang kita baca dan materi tersebut penting, maka materi tersebut ditulis pada buku biasa ataupun selembar kertas tersebut. Dan saat menulis / mencatatnya, tulisannya tidak perlu rapi atau bagus, yang penting kita bisa membaca dan mengerti apa yang telah kita tulis tadi. Jadi ketika kita mempelajari materi tersebut menjadi mudah memahaminya dan juga mudah mencari point pokok dari materi tersebut.

*      Jadwal tambahan
Saat akan diadakan ujian baik  ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester (tulis atau lisan) kita harus mempelajari keseluruhan materi yang telah di ajarkan. Dalam belajarnya kita akan lebih ringan karena telah memiliki rangkuman yang telah kita buat. Karena jika kita mempunyai rangkuman tersebut kita dapat dengan mudah dan cepat mempelajari dan memahami poin inti dari materi tersebut. Dan juga mudah mengingat inti dari materi tersebut.

           C.      Kegiatan Belajar
Dalam strategi belajar “Coretan Pena” ini terdapat beberapa tahapan – tahapan. Tahapan – tahapan ini tidak bisa terlewati satu pun ataupun dilakukan secara terbalik tidak berurutan, jadi harus runtut. Tahapan – tahapannya adalah sebagai berikut :
1.      Membaca Buku.
Bila dalam pembahasan di kelas kita menemukan bagian penting atau point pokok dalam materi, kita hendaknya mencatat bagian tersebut pada buku atau selembar kertas dengan tulisan – tulisan atau simbol – simbol yang kita mengerti. Saat mencatat bisa juga menggunakan spidol warna – warni agar menarik dan juga mudah mencari.
Dari kegiatan ini memiliki manfaat, Manfaatnya yaitu kita dapat dengan mudah mencari apa yang ingin kita ketahui tentang buku yang telah kit abaca dan begitu tebal halamanya. Dengan adanya pewarnaan pada catatan ini juga mempermudah kita saat kita melakukan belajar dan sehingga kita cepat memahami materi tersebut.

2.      Membuat Catatan Saat Pelajaran.
Saat dosen menjelaskan materi yang di sampaikan, kita membutuhkan buku atau selembar kertas untuk mencatat apa yang disampaikan oleh dosen. Saat pencatatan materi tersebut, keindahan tulisan tidak diperhitungkan, walau berupa coretan – coretan buruk rupa yang penting adalah apa yang dicatat itu lengkap dan apa yang kita tulis kita mengerti maksudnya. Pencatatan ini bsa menggunakan pensil, bolpoint, atau spidol warna, lebih tepatnya seadanya.
Manfaat dari kegiatan ini adalah apa yang disampaikna oleh dosen, kita dapat mencatatnya dengan lengkap walau tidak rapi. Dan nanti saat ujian baik ujian tenggah semester ataupun ujian akhir semester kita dapat dengan mudah mempelajarinya dan kita dipermudah olehnya karena biasanya yang dijelaskan oleh dosen tidak ada dibuku, sehingga referensi kita untuk belajar itu banyak.

3.      Menulis Ulang
Setelah kita selesai membaca buku dan juga setelah dosen menjelaskan materinya dan kita mencatatnya dengan coretan – coretan yang buruk rupa, langkah selanjutnya adalah kita menulisnya dengan rapi. Dengan menulisnya kembali sehingga rapi, ini dimaksudkan agar saat ada teman meminjam buku catatan kita, mereka bisa mengerti maksud kita dan bisa membaca tulisan kita. Selain itu saat kita belajar lagi pada semester – semester selanjutnya kita akan mudah mencarinya, jika berbentu lembaran, ditakutnya nanti akan hilang dan materi yang sudah kita catatan hilang juga.
Namun setelah mencatat ulang, kertas yang digunakan pada saat membuat coretan – coretan tersebut tetap kita disimpan, karena terkadang tulisan deskripsi yang sudah ditulis ulang masih membinggungkan dan setelah melihat coretan tadi langsung menjadi ingat apa yang telah disampaikan oleh dosen.
Dan pada saat penulisan ulang, kita membutuhkan buku khusus (binder), bolpoint dan spidol warna. Spidol warna biasanya digunakan untuk memberikan tanda pada tulisan, yaitu tanda bahwa pada point tersebut penting. Dan juga bisa digunakan untuk menghias catatan yang kita buat, contohnya : pada judul kita membuat ukuran huruf yang lebih besar dan kita tebali dengan spidol warna sehingga judulnya kelihatan menarik.
Manfaat dari penulisan ulang menjadi rapi adalah agar catatan kita menjadi rapid an enak dipandang. Sehingga dalam belajar kita lebih semangat untuk membaca catatan tersebut.
Langkah saat penulisan kembali adalah sebagai berikut :
*   Materi Setiap Bab
Kita menulis kembali materi setiap bab yang kita baca ataupun yang sudah kita pelajari, kita kumpulkan dengan baik. Kita gabung materi – materi tersebut sesuai dengan bab – bab lainya dalam mata kuliah yang sama. Setiap bab mempunyai judul yang jelas dan penyusunannya pun urut sesuai dengan bab yang disampaikan. Sehingga, catatan - catatan materi per-bab ini tidak berserakan dan tercampur dengan mata kuliah yang lain. Dengan begitu kita dapat dengan mudah mencarinya saat kita akan mempelajari materi tersebut, tidak kebinggungan dengan materi yang berceceran dimana – mana.

*      Materi Setiap Mata Kuliah.
Setelah kita menulis kembali catatan – catatan tersebut per-bab dalam satu mata kuliah. Langkah selanjutnya adalah kita menggabungkan materi mata kuliah satu dengan mata kuliah yang lainnya dalam satu buku khusus. Dan saat menggabungkan materi tersebut, kita memberikan pembatas antara mata kuliah satu dengan mata kuliah yang lain agar kita mudah dalam mencari materi mata kuliah yang kita inginkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar