A. PENGERTIAN
Bantuan yang diberikan kepada individu untuk menguasai kemampuan atau kompetensi (konten) tertentu melalui kegiatan belajar.
Kompetensi adalah kualitas seseorang atau kecocokan seseorang yang bisa ditampilkan untuk keperluan tertentu.
Layanan ini merupakan istilah baru dari layanan pembelajaran yang telah diartikan seperti pengajaran yang dilakukan oleh guru.
B. TUJUAN
Umum
: agar terkuasainya konten atau kompetensi tertentu serta menambah
pemahaman, mengarahkan sikap dan kebiasaan tertentu, memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalahnya.
Khusus:
1. Fungsi pemahaman
Memahami konten/kompetensi yang diperlukan.
2. Fungsi pencegahan
Konten yang dipelajari akan mengarahkan individu kepada terhindarinya dari masalah
3. Fungsi pengentasan
Penguasaan konten diarahkan untuk mengatasi masalah yang sedang dialami
4. Fungsi pengembangan dan pemeliharaan
Penguasaan konten akan m engembangkan individu dan memelihara potensi yang dimilikinya.
5. Fungsi advokasi
Individu dapat membela diri terhadap ancaman atau pelanggaran terhadap hak-haknya.
C. KOMPONEN
1. Konselor
Tenaga ahli yang menyelenggarakan layanan dengan menggunakan berbagai modus dan media yang ada. Konselor juga menguasai konten yang menjadi isi layanannya.
2. Individu
Seorang atau sejumlah individu yang memerlukan layanan
3. Konten
Satu unitu materi yang menjadi pokok layanan atau pelatihan yang diberikan oleh konselor.
D. PENDEKATAN DAN TEKNIK
Konselor hendaknya mengembangkan dua nilai proses pembelajaran yaitu:
1. High-touch
Kewibawaan, kasih saying, keteladanan, pemberian penguatan, tindakan tegas yang mendidik.
2. High-tech
Materi belajar (konten), metode, alat bantu belajar, lingkungan belajar, dan penilaian hasil.
2 komentar:
saya ijin ngopi....
iya...tolong cantumkan blog ini ya...
terimakasih dah berkunjung...
semoga materi yang kami tulis bermanfaat...^_^
Posting Komentar