SUSUNAN
PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama
Kegiatan
Layanan Informasi cara
bertingkah laku dengan baik dalam Kehidupan Sosial
Latar Belakang / Need
Assesment
Kita hidup di dunia
ini tak dipungkiri membutuhkan orang lain. Dalam berinteraksi dengan orang
sekitar kita perlu tahu bagaimana cara bertingkah laku dengan baik sehingga
dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas. Tata krama telah menjadi persyaratan dalam kehidupan sehari-hari dan
menjadi tuntutan masyarakat dimana saja serta dalam kurun waktu kapan saja.
Berdasarkan hasil observasi dan angket yang
telah dihimpun menunjukkan 75 % siswa SMA Negeri Harapan Indah yang mengalami
masalah dalam bertingkah laku sehingga tak jarang menimbulkan tidak diterimanya
dalam kehidupan sosial dengan sekitar. Maka dari itu, siswa SMA Negeri Harapan
Indah diberikan materi tentang “Memantapkan Nilai dan Cara Tingkah Laku yang
Dapat Diterima Dalam Kehidupan Sosial yang Lebih Luas”, sehingga para siswa
dapat bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.
Sasaran
Layanan informasi ini ditujukan kepada
seluruh siswa kelas X SMA Negeri Harapan Indah agar siswa dapat memahami pentingnya Memantapkan nilai dan cara tingkah laku yang dapat diterima dalam
kehidupan sosial yang lebih luas sehingga dapat bersosialisasi dengan baik.
Waktu
Pelaksanaan : 2x 45 menit (2 kali pertemuan)
Tempat : Ruang Kelas
Judul Materi
Memantapkan nilai dan cara tingkah laku yang
dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
Bidang Bimbingan :
Bimbingan Sosial
Jenis
Layanan :
Bimbingan Klasikal
Fungsi
Layanan : Layanan Informasi
Materi
1.
Tata krama dan
nilai-nilai sosial yang berlaku dimasyarakat
2.
contoh nilai-nilai sosial dalam
kehidupan kelompok sebaya diluar kelompok sebaya
Tujuan
1.
agar siswa dapat memahami tentang
tata krama dan nilai-nilai sosial yang berlaku dimasyarakat
2.
agar siswa dapat bertingkah laku
sosial yang positif dan sesuai dengan tata krama yang ada
dalam kehidupan kelompok sebaya dan diluar kelompok sebaya
3.
agar siswa dapat memberikan contoh
nilai-nilai sosial dalam kehidupan kelompok sebaya
Media
/ Sumber : Papan tulis, kertas folio, pulpen
Modul Bimbingan Konseling
Uraian
kegiatan
TAHAP
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
Pembukaan
|
Salam pembuka, presensi kehadiran siswa, dan
menjelaskan tentang tata krama di masyarakat.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran,
Menyajikan materi
yang akan dikaji bersama.
|
5 Menit
|
|
Kegiatan inti
|
Tanya jawab dan berdiskusi dengan siswa
tentang tata krama yang ada di masyarakat
Siswa menuliskan tentang kehidupan
sehari-harinya saat di masyarakat
Siswa membandingkan tentang kehidupan dalam
kelompoknya dengan kehidupan yang ada di masyarakat
Siswa membandingkan
tentang tata karma pergaulan masyarakat yang baik dan yang buruk itu seperti
apa.
|
30 Menit
|
|
Penutup
|
Guru menjelaskan tentang perbandingan
tatakrama pergaulan di masyarakat dengan pergaulan siswa sehari-hari dalam
kelompok sosialnya
Refleksi dan membuat kesimpulan mengenai
kegiatan yang telah dilakukan melalui diskusi dan Tanya jawab siswa.
|
10 Menit
|
|
Metode :
1. Ceramah langsung
2.
Tanya jawab
3. Diskusi
Tolok ukur
keberhasilan
Siswa
dinyatakan berhasil jika siswa mampu memahami tentang tata krama dan
nilai-nilai sosial yang berlaku dimasyarakat, Siswa dapat bertingkah laku
sosial yang positif dan sesuai dengan tata krama yang ada
dalam kehidupan kelompok sebaya dan diluar kelompok sebaya, dan Siswa
dapat memberikan contoh nilai-nilai sosial dalam kehidupan kelompok sebaya
Rencana Tindak Lanjut
Setelah melaksanakan layanan informasi tentang
cara
bertingkah laku dengan baik dalam Kehidupan Sosial pada siswa Guru BK bekerja sama
dengan Guru mata pelajaran dengan cara melakukan penilaian terhadap tingkah laku para siswa setelah dilakukannya layanan tersebut. Apabila para siswa masih ada
yang kurang bisa dan kurang tau tentang
cara
bertingkah laku dengan baik dalam Kehidupan Sosial baik untuk menyesuaikan diri di sekolah maupun masyarakat maka Guru BK menerapkan konseling individu
maupun bimbingan kelompok dan dianjurkan untuk selalu konsultasi kepada Guru BK
ataupun kepada Guru mata pelajaran yang lain.
Evaluasi
1. Evaluasi hasil :
jangka pendek diukur dengan menggunakan lembar refleksi diri Jangka menengah
diukur dengan menggunakan lembar observasi partisipasi Siswa saat
mengikuti kegiatan.
2. Evaluasi proses : Dilaksanakan dengan
mengadakan pengamatan selama proses kegiatan berlangsung. Aspek yang
diamati antara lain partisipasi siswa dalam kegiatan layanan tersebut.
3.
Rubrik evaluasi (target penilaian
untuk siswa) Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik
apabila:
a)
Siswa dapat menjelaskan penerapan
nilai dan perilaku pribadi dalem kehidupan diluar kelompok.
b)
siswa mampu menyebutkan beberapa
hal yang dapat menyebabkan manusia merasa ditolak
Catatan
...............................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................................................
Mengetahui, Surabaya, September 2012
Kepala SMAN Harapan Indah Guru
pembimbing
Drs. Ahmad Zacky Al-ikhwani,M.pd Feni Etika
Rahmawati,S.pd.Kons
NIP.
196803101997031002 NIP. 101014205
0 komentar:
Posting Komentar